Untuk kali ini saya akan membagi ilmu saya tentang “Cara menyimpan file word menggunakan kata sandi”.
Mungkin ini dianggap tidak begitu penting oleh sebagian orang, tapi mungkin bisa berguna untuk beberapa orang. Trik ini biasa digunakan jika suatu file dianggap penting dan sangat rahasia. Maka dari itu saya akan membagikan ilmu saya, mari kita mulai.
Setelah kalian sudah membuat data atau berisi apapun didalam file Ms. Word kalian ingin file tersebut aman dan hanya bisa dibuka oleh yang mengetahui kata sandinya…. :
- Pilih File lalu Save As (Untuk Ms. Office 2003) / Office Button lalu Save As (Untuk Ms. Office 2007)
- Pilih direktori tempat anda ingin menyimpan file tersebut, misalnya “Local Disk (D:)”
- Berilah nama file anda tersebut
- Kemudian pilih tabulasi Tools, lalu pilih General Option…
- Kemudian isikan kata sandi untuk membuka file anda di Password to Open & Password to Modify (isikan kata sandi yang sama)
- Klik Ok
- Setelah mengklik Ok, maka akan keluar tabulasi “Confirm Password”
- Fungsi “Confirm Password” adalah jika anda lupa password anda, maka tulislah kata yang menurut anda mudah untuk diingat, misalnya nama anda
- Setelah itu klik Ok
- Setelah mengklik Ok isikan kembali kata yang anda masukan tadi, misalnya nama anda
- Lalu klik Ok.
Anda telah berhasil mengamankan file anda tersebut. Tidak ada orang yang bisa membuka file tersebut kecuali yang tahu kata sandi file tersebut. Ketika anda membuka file tersebut, sebelumnya anda akan diminta memasukan kata sandi terlebih dahulu.
Tinggalkan komentar